10 Contoh Surat Jual Beli Tanah Yang Baik Dan Tepat

Contoh Surat Jual Beli Tanah - Hallo teman-teman contoh surat pedia, pada kesempatan ini saya akan memberi beberapa contoh surat jual beli tanah yang baik dan benar dan tepat.

10 Contoh Surat Jual Beli Tanah Yang Baik Dan Tepat
Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Jual Beli – Dalam kegiatan ini atau proses jual beli ini, tentu akan ada banyak hal yang harus kita semua perhatikan oleh kedua belah pihak. Mulai dari sebuah pembicaraan mengenai harga, ataupun tata cara pembayaran barang yang akan kita semua diperjual belikan, sampai dengan beberapa kesepakatan yang akan kita buat dalam proses jual beli tersebut. Atas dasar hal tersebutlah, maka penggunaan surat jual beli tersebut ini sangatlah diperlukan. Jika anda akan melakukan proses transaksi jual beli tersebut, maka anda wajib harus menggunakan surat jual beli tersebut atas barang atau harta tersebut. Mungkin jika kalian melakukan jual beli Hp barang murah lainnya, hal ini tidak akan terlalu diperlukan. Namun tetapi jika menyangkut harta yang berharga, seperti tanah, rumah, kendaraan, dan perhiasan, maka surat jual beli sangat diperlukan dan juga sangat di utamakan dalam sebuah pembuktian hak dan sah jual beli secara hukum.

Jadi pada kesempan ini saya akan kasih 10 format cara membuat surat jual beli tanah yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Jual Beli Tanah

Tanah adalah salah salah satu bentuk harta yang tentu saja semua orang ingin memilikinya. Namun tidak semua beruntung karena harga tanah yang mahal, terlebih jika di daerah perkotaan dan padat penduduk. Jika anda menjadi seorang pembeli ataupun penjual tanah, maka anda bisa menulis surat jual beli seperti contoh di bawah ini.


SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

 Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

 Nama : Fandy Alsatria
 NIK : -
Alamat : Jl. Teuku Cot Malem Desa Dham Pulo

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Andi Pramana
NIK : 89765478
Alamat : Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA. Pihak pertama dengan ini berjanji untuk menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual kepada pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli dari pihak pertama berupa :

Sebidang tanah Hak Milik yang terletak di Desa Sukaramai, Kecamatan Medan Denai, Kotamadya Medan, seluas 30.000 M³ (tiga puluh ribu) meter persegi
Dengan Syarat dan ketentuan yang di atur 5 (lima) Pasal berikut ini:

Pasal 1
HARGA 

Jual beli tanah tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan harga tanah sebesar Rp 3. 000.000.000,00 (tiga miliar rupiah);

Pasal 2 
CARA PEMBAYARAN 

Pihak kedua akan membayarkan uang sebesar Rp. 3.000.000.000 (tiga milyar rupiah) sebagai pembayaran tanah tersebut di atas.

Pasal 3
HAL-HAL LAIN 

Hal-hal yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan dibicarakan serta diselesaikan secara kekeluargaan melalui jalan musyawarah untuk mufakat oleh kedua belah pihak.

Pasal 4 
PENYELESAIAN PERSELISIHAN 

Tentang perjanjian ini dan segala akibatnya, kedua belah pihak memilih menyelesaikan perkara jika terjadi perselisihan di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kotamadya Medan.

Demikianlah Surat Perjanjan ini dibuat dalam 2 (dua) rangkap yang bermaterai cukup dan mempunyai kekuatan hukum yang sama, ditandatangani kedua belah pihak dalam keadaan sadar serta tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Medan, 24 Mei 2018.
Pihak Pertama, Fandy Alsatria.
Pihak Kedua, Andi Pramana.

Saya rasa cukup sekian dulu beberapa contoh surat jual beli tanah yang baik dan tepat dan juga sangat jelas, jika ada kekurangan dalam surat tersebut saya silahkan berikan beberapa comentar yang relavan di bawah ini. Ataupu Contact Me melalui email.

Terimakasih

Previous
Next Post »
0 Komentar